Coba perhatian truk-truk besar yang melintas saat Anda berada di jalan raya. Anda pasti akan mendapati bagian ban belakangnya menggunakan sistem ganda. Hal ini bukan tanpa alasan. Faktanya, penggunaan ban ganda pada truk besar memiliki peran penting dalam mendukung kinerja kendaraan yang membawa muatan sangat berat.
Berikut selengkapnya mengenai alasan penggunaan ban ganda di bagian belakang truk.
Penggunaan ban ganda pada bagian belakang truk bukan sekadar pilihan desain. Ini adalah hasil dari kebutuhan teknis yang sudah teruji klinis.
Berikut alasan lebih dalam mengapa ban ganda pada truk sangat penting:
Baca Juga: 6 Cara Memilih Ban Truk Terbaik, Aman untuk Waktu yang Lama!
Ban tunggal memiliki batas maksimal tekanan yang bisa ditanggung. Jika beban terlalu berat, ban mudah aus, pecah, atau bahkan meledak di perjalanan.
Pada sistem ban ganda, beban akan terbagi secara merata ke dua roda sekaligus. Hal ini turut meningkatkan daya tahan ban sehingga truk dapat mengangkut muatan yang jauh lebih besar dengan risiko kerusakan minimal.
Truk berat sering beroperasi di area ekstrem, mulai dari aspal licin, tanah berlumpur, hingga jalur berbatu. Oleh karena itu, truk besar membutuhkan sistem ban ganda agar lebih stabil dan terjaga. Pasalnya, ban ganda memberikan permukaan kontak lebih lebar ke jalan. Hal ini mencegah risiko tergelincir saat menikung atau saat melewati tanjakan dengan muatan penuh.
Selain menguntungkan truk, ban ganda juga berfungsi melindungi infrastruktur jalan. Ini karena tekanan dari roda ke aspal atau beton akan jauh lebih tinggi jika hanya menggunakan satu ban. Sebaliknya, dengan sistem ban ganda, tekanan akan menyebar sehingga jalan tidak cepat rusak atau berlubang meski sering dilalui kendaraan berat.
Keselamatan pengemudi dan barang menjadi prioritas. Jika ban tunggal pecah, truk bisa kehilangan kendali. Namun, dengan sistem ganda, ban satunya masih bisa menopang beban untuk sementara waktu sehingga truk tidak langsung terguling atau berhenti mendadak. Ini memberi waktu bagi pengemudi untuk mengendalikan truk dengan aman dan mencari lokasi perbaikan.
Ban ganda memperlambat laju keausan, karena beban dibagi rata. Hasilnya, ban bisa digunakan lebih lama, jarak tempuh lebih jauh, dan frekuensi penggantian berkurang. Bagi perusahaan logistik atau pertambangan, hal ini berarti penghematan signifikan pada biaya perawatan armada.
Sumbu belakang truk menanggung beban paling besar, terutama saat sedang kemasukan muatan penuh. Sebaliknya, sistem ban ganda membuat distribusi beban lebih merata di sumbu ini. Dengan ini, kondisi ban akan tetap stabil sekaligus memperpanjang umur suspensi, poros, dan gardan yang menjadi komponen vital dalam heavy duty truck.
Penggunaan ban belakang ganda pada truk bukan hanya soal penampilan, tetapi merupakan kebutuhan teknis untuk menunjang kapasitas muatan, menjaga stabilitas, meningkatkan keamanan, serta menekan biaya operasional.
Truk-truk besar, seperti dump truck, tractor head, hingga truk pertambangan sangat bergantung pada sistem ini agar tetap andal dan efisien dalam jangka panjang.
***
Butuh truk besar yang andal di pertambangan? Atau, perlu pasokan spare part original untuk heavy duty truck kesayangan Anda? Ke Mobilindo Cemerlang Group (MC Group) aja!
Mobilindo Cemerlang Group (MC Group) hadir sebagai mitra terpercaya dalam penyediaan armada heavy duty truck Shacman yang terbukti tangguh, andal, dan berkualitas. MC Group juga menyediakan suku cadang asli, jasa inspeksi, hingga aftersales yang mumpuni.
Klik Hubungi Kami untuk terhubung langsung dengan MC Group!